MENINGKATKAN DAYA INGAT

Meningkatkan Daya Ingat dan Mengapa  Jadi Pelupa di Usia Muda

Sebelum kita membahas bagaimana cara menambah dan meningkatkan daya ingat, mari kita lihat dulu mengapa daya ingat menjadi berkurang dan pelupa di usia muda berdasarkan pengalaman hipnoterapi
Mengapa daya ingat kita berkurang, sebenarnya ada beberapa faktor seperti kadar gula menurun, kurang istirahat, mengkonsumsi alcohol, dan lain-lain. Namun berdasarkan pengalaman saya selama ini, ada satu kesamaan dari klien-klien terapi yang ingin meningkatkan daya ingat yang sebagian besar mengalami kesulitan untuk mengingat di usia muda, yaitu karena diawali dari pikirannya yang terlalu sibuk dan banyak hal yang dipikirkan, ditakutkan, dicemaskan, dll. Hingga berpikir terlalu jauh. Mungkin memikirkan masa lalu ataupun masa depan.



Berikut berbagai cara dan tips untuk menambah daya ingat dan menghilangkan beban pikiran, 
  

1. Berhenti Berpikir Keras

 Jika memang dulunya orang ini tipe berpikir terlalu jauh maka hentikanlah kebiasaan ini. Biasakan untuk berpikir secukupnya, perlu diketahui jika dalam pikiran kita terlalu banyak pertanyaan (contoh : apakah aku bisa, bagaimana besok, sekarang bagaimana, dll) dan terlalu banyak berpikir akibatnya pikiran kita tiba-tiba ngeblank. Cobalah untuk berhenti memikirkan yang tidak-tidak dengan menikmati saja apa yang dilakukan sekarang. Sebagian sudah dijelaskan di artikel ini

2. Rilekskan Pikiran untuk Meningkatkan Daya Ingat

Dengan membiasakan untuk relaksasi pikiran seperti dengan bermeditasi, mendengarkan audio relaksasi dan tidur yang cukup, cara ini cukup baik untuk memperbaiki sel-sel otak yang rusak dan salah satunya mampu menambah daya ingat.

3. Ikhlaskan Masa Lalu dan Pasrahkan Masa Depan.

Seperti yang dijelaskan di poin pertama, karena pikiran bekerja berat yaitu salah satunya memikirkan hal yang telah lewat sampai dibawa tidur dan memikirkan hal buruk yang belum terjadi. Sehingga dalam pikiran terlalu banyak berpikir, berprasangka dan berimajinasi maka cobalah untuk memasrahkan saja hal yang belum terjadi dan mengikhlaskan hal yang sudah terjadi.

4. Meningkatkan Daya Ingat dengan Mengendalikan Emosi

Orang yang sulit mengendalikan emosi lebih mudah stress dan depresi maka cobalah untuk mengendalikan emosi untuk menambah daya ingat.

5. Meningkatkan Daya Ingat dengan Bercerita

Orang yang banyak cerita biasanya memiliki kemampuan mengingat lebih tinggi dari yang pendiam. Karena pikirannya sering berolah raga untuk menggali memory dan menceritakan memory tersebut. Termasuk juga ketika baru belajar sesuatu, cobalah untuk menceritakannya kepada teman, keluarga atau orang lainnya.

Inilah beberapa penyebab orang menjadi pelupa dan beberapa tips dan cara untuk meningkatkan daya ingat. Semoga bermanfaat dan Semoga semakin hari daya ingat kita semakin baik.

Baca juga artikel untuk mengatasi rasa malas

Salam Bahagia,
Nugroho EP




  






Tidak ada komentar:

Posting Komentar