CARA MENGATASI RASA MALAS

Ketika anda membaca artikel ini, mungkin anda sedang mencari solusi atau cara untuk mengatasi dan menghilangkan rasa malas untuk anda sendiri, anak anda dan atau orang-orang disekitar anda. Mungkin saja, saat ini anda sedang mencari tulisan dan pengetahuan untuk sebuah perubahan dalam hidup anda.

Tahukah anda bahwa hal yang paling diinginkan oleh setiap manusia di dunia ini sangatlah sederhana yaitu perubahan. Ya, karena sangat sedikit manusia yang menginginkan hidupnya begitu dan begini saja tanpa perubahan.  Maka dari itu, rasa malas ini kadang di anggap mengganggu proses perubahan ini

Oke, sekarang kembali ke topik. Yang sedang saya tuliskan pada artikel untuk mengatasi dan menghilangkan rasa malas, berdasarkan pengalaman ketika membantu klien dalam konseling maupun hipnoterapi. Nah, maka dari itu solusi ini belum tentu anda temukan di tulisan manapun.

Sebelum anda melanjutkan membaca tentang cara mengatasi atau menghilangkan rasa malas yang berlebihan, coba kenali rasa malas itu sendiri.



Baca dan Fahami tulisan dibawah ini.

Rasa Malas Memiliki Maksud yang Baik

Untuk menghilangkan dan mengatasi rasa malas, tapi kok rasa malas memiliki maksud yang baik? Kok bisa? mungkin inilah yang ada dalam pikiran anda. Sadarkah anda, ketika  berniat untuk mengusir rasa malas ini, ada bagian dari dalam diri yang terusik dan merasa keberatan?.
Kenapa begitu? Karena niat baik dari Rasa malas ini tidak didengar dan diperhatikan maka dari itu ia merasa terusik.
Masih belum yakin? Itu terserah anda dan coba perhatikan hal dibawah ini untuk mengenali rasa malas.

Kenapa ada rasa malas?
Biasanya inilah jawabannya,
  1. Capek
  2. Banyak Pikiran
  3. Suasana Mendukung
  4. Lagi gak mood
  5. Sedang gak ada motivasi
  6. Bingung mau ngapain, dll.
Oke, Sekarang berhenti sejenak lalu renungkan alasan diatas dan sinkronkan dengan rasa malas itu......

Karena berbagai alasan diatas, maka rasa malas ini muncul kan? 
Tahukah anda, apa tujuannya rasa malas ini muncul?

YA, RASA MALAS INGIN AGAR ANDA MERASA LEBIH NYAMAN !

Rasa malas muncul sebagai bentuk protes karena kenyamanan selama ini selalu terusik, Mungkin ada dari anda yang membaca tulisan ini berpikir bahwa selama ini tidak pernah merasa terusik tuh. Tunggu dulu jangan terlalu cepat merasa mengerti dan mengambil keputusan tentang apa keinginan dan kebutuhan diri anda sendiri.

Rasa malas yang muncul dalam diri manusia bekerja seperti ALARM, yang tujuannya untuk mengingatkan pikiran sadar mereka bahwa tubuh dan pikirannya butuh istirahat. Coba cari tahu, Kok bisa tubuh dan pikiran ingin istirahat, padahal selama ini sudah banyak istirahat?

Ya, mungkin anda berpendapat bahwa tubuh anda sudah banyak istirahat. 
Pertanyaannya, Apakah pada saat yang sama pikiran anda juga beristirahat dan merasa rileks?

Pikiran yang Sibuk Sendiri

Inilah Salah satu faktor munculnya rasa malas, Pikiran anda sedang asik berlari-lari menuju masa depan ataupun masa lalu. Mikirin hal yang gak asik yang ada di masa depan, seperti ketakutan terhadap sesuatu yang belum tentu terjadi atau mikirin hal yang gak enak yang sudah terlewati.
Artinya, ada ketidak seimbangan antara kerjaan pikiran dan tubuh, maka ketika tubuh ingin bergerak kemudian pikiran selalu menghalangi agar tidur dan istirahat dengan memunculkan rasa malas.

Bagaimana cara mengatasi rasa malas ini?
Oke, anda hidup dalam kondisi present (saat ini, sekarang)
Sadari betul apakah banyak manfaatnya kalau mikirin ketakutan dan kekawatiran masa depan yang belum tentu terjadi? atau malah mengusik pikiran dan perasaan anda?

Inilah salah satu cara terbaik untuk mengatasinya,

Cobalah untuk membiasakan diri untuk menikmati yang sedang berlangsung dan yang sedang dilakukan.

Rasakan dan temukan hal-hal kecil yang sering terlewati, seperti sejuknya rongga hidung ketika udara ini masuk, rasakan kain yang melekat di tubuh, rasakan sentuhan angin yang menyentuh kulit, benda-benda yang disekitar sebutkan satu persatu dalam hati. Latihan ini tujuannya membiasakan pikiran anda agar tetap di present time.

Biarkan bacaan ini berputar dalam pikiranmu.

"Terimakasih rasa malas saya tahu maksudmu baik, ijinkan saya bergerak dan bangkit."


Terakhir, Berimajinasi dan Berprasangkalah yang baik terhadap hidupmu. Kenapa?
Ya agar pikiranmu ga sibuk bekerja sendiri, Agar pikiranmu istirahat dan rileks dan siap menjalani kehidupanmu yang penuh semangat!


Oke, Sekarang anda tahu kenapa rasa malas ini bisa muncul.
Jadi, jangan buru-buru anda salahkan rasa malas ini
Jangan terburu-buru menyalahkan anak anda ketika dia sedang malas, mungkin pada saat itu dia butuh bantuan.
Carilah tahu penyebabnya, kenali penyebabnya lalu berikan solusinya.


Setelah membaca ini, Tanamkan kalimat ini dalam keseharian anda.

"Terimakasih Tuhan, Semakin hari pikiran dan tubuh saya semakin baik dalam segala hal"

Sekian artikel saya tentang cara untuk mengatasi dan menghilangkan rasa malas, anda dapat membaca artikel tentang depresi dengan mengklik link disini
Sampai Jumpa pada Artikel Selanjutnya,

Mengatasi Rasa Malas





9 komentar: